Cari Blog Ini

Selasa, 06 Desember 2016

Panel Control Penggerak

Bismillahirrahmanirrahim

Panel Control untuk motor penggerak, sekiranya masih banyak orang yang menganggap ringan bahaya Listrik,  penulis disini dalam penemuan di Lapangan banyak yang aneh dan nyeleneh, di beberapa daerah di Indonesia...apa aneh dan nelenehnya  ? Saya sering melihat/menemukan motor penggerak listrik tidak menggunakan system pengaman yang benar alias seenaknya/sekenanya, ironisnya ini justru di pakai para pelaku usaha, yang banyak saya dapati di daerah industri kecil, project bangunan, bengkel logam dan tambak udang.

Contohnya adalah seperti ini :

1. Kabel motor hanya di kaitkan pada arus    tanpa ikat.
2. Kabel motor hanya di colokan ke lobang stop kontak tanpa steker.
3. Kabel motor di konek langsung ke MCB masih agak mending ini.
4. Kabel motor di sambung ke arus dan hanya di ikat dengan plastik kresek.

Ya memang kalau hati-hati Insha Allah tidak apa-apa. Tapi apakah kita dapat menjamin keselamatannya untuk diri kita atau orang-orang yang ada di sekeliling kita? Kan belum tentu.! Bahkan orang-orang di sekitar kita belum tentu mengetahui.
Sebaiknya untuk motor penggerak listrik menggunakan sistem kontrol yang benar dan aman untuk orang lain maupun diri kita. ya itu memakai panel kontrol,  setidaknya dengan menggunakan sistem panel kontrol,  apa bila terjadi konsleting atau terjadi hubungan singkat tidak menimbulkan kebakaran, karena sistem yang  akan bekerja, sehingga menimbulkan kerugian besar. apa bila putus satu phase motor tidak terbakar, jadi lebih aman, tidak kena biaya gulung motor,..dan kalau ada arus bocor akibat kabel yang tidak menyetujui orang,  yang akibat bisa membunuh orang, urusannya jadi dengan hukum, walau pada dasarnya orang pasti akan mati, tapi janganlah mati konyol....marilah kita tinggalkan cara-cara yang Tidak membangun itu, kita perbaiki sistem kerja kita ke depan demi keselamatan kerja dan kesuksesan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar